Monday, 9 April 2012

Eadweard J. Muybridge Pelopor Sinematografi Di Logo Google


Siapa sih Eadweard J. Muybridge sehingga google hari ini Eadweard J. Muybridge ada di logo nya, Eadweard J. Muybridge adalah seorang fotografer Inggris keturunan Belanda yang menghabiskan sebagian besar hidupnya di Amerika Serikat. Eadweard Muybridge dikenal sebagai pelopor sinematografi atau gambar bergerak. Film modern yang biasa kita nikmati saat ini adalah berkat jasa beliau.
KEHIDUPAN DAN KARIR
Bermula dari usaha mengabadikan gerak kuda dengan memanfaatkan multi kamera untuk menangkap motion. Dia juga pencipta zoopraxiscope, sebuah perangkat untuk memproyeksikan gambar bergerak sebelum munculnya kamera film modern.
Pada tahun 1872, mantan Gubernur California Leland Stanford, yang juga pemilik usaha pacuan kuda, memperdebatkan apakah keempat kaki kuda diangkat secara bersamaan selama berlari.
Lukisan kuda berlari dengan kecepatan penuh kebanyakan memperlihatkan keempat kaki kuda yang menjorok ke dalam atau keluar secara bersamaan sehingga kelihatan tidak menyentuh tanah.
Gubernur Stanford menyebutnya “unsupported transit“, dan mengundang Eadweard Muybridge untuk menyelidiki dan menjawab teka teki tersebut.
Dalam prosesnya, Muybridge menggunakan serangkaian kamera besar dengan pelat kaca yang ditempatkan sebaris, masing-masing dipicu oleh hentakan saat kaki kuda melewatinya. Foto langkah kaki kuda tersebut disalin dalam bentuk siluet ke disk dan diamati dalam mesin yang disebut Zoopraxiscope. Percobaan inilah yang menjadi tahap peralihan dari gambar diam menuju gambar bergerak atau sinematografi.
Hari ini, 9 April 2012, Google memperingati 182 tahun kelahiran Eadweard J. Muybridge dengan logo animasi kuda berlari yang juga menggambarkan film pertama yang pernah dibuat oleh Eadweard.
Eadweard Muybridge kembali ke tanah kelahirannya di Inggris untuk selamanya pada tahun 1894, menerbitkan dua lanjut, buku-buku populer karyanya, dan meninggal pada tanggal 8 Mei 1904 di Kingston upon Thames ketika tinggal di rumah sepupunya Catherine Smith, Park View, 2 Liverpool Road. Rumah itu memiliki plakat peringatan di dinding luar British Film Institute yang diresmikan pada tahun 2004. Muybridge dikremasi dan abunya dimakamkan di Woking di Surrey.
WARISAN
Banyak urutan fotografi Muybridge telah diterbitkan sejak tahun 1950 sebagai buku referensi seniman. Animator kartun sering kali menggunakan foto Muybridge sebagai referensi ketika menggambar karakter mereka. Sejak tahun 1991, Mainan perusahaan Optical telah menerbitkan urutan Muybridge dalam bentuk film Flipbook.
Pembuat film Thom Andersen membuat sebuah film dokumenter berjudul 1974 Eadweard Muybridge, Zoopraxographer, menggambarkan kehidupan dan pekerjaan.
Opera komposer Philip Glass tahun 1982 The Photographer didasarkan pada percobaan pembunuhan Muybridge, dengan sebuah libretto termasuk teks dari transkrip pengadilan. Sebuah video musik promosi menampilkan kutipan dari opera mendramatisir pembunuhan dan percobaan, dan termasuk sejumlah besar gambar Muybridge.
Sebuah drama Studies in Motion: The hauntings of Eadweard Muybridge memulai debut pada 2006, co-produksi antara Teater Electric Company Vancouver dan University of British Columbia Theatre. Sementara pencampuran fiksi dengan fakta, itu bercerita tentang obsesi Muybridge dengan katalogisasi gerak hewan. Produksi mulai tur pada tahun 2010.

Pada tahun 2007, penyair Kanada Rob Winger menulis Muybridge's Horse: a poem in three phases, sebuah puisi panjang dinominasikan untuk Penghargaan Gubernur Jenderal untuk Sastra, Trillium Book Award untuk Puisi, dan Ottawa Book Award. Ini didokumentasikan hidupnya dan obsesi dengan gaya 'puitis-fotografi'. Ini memenangkan Penghargaan Sastra CBC untuk Puisi.

Pada tahun 1985, video musik untuk single Larry Gowan "(You're A) Strange Animal" jelas menampilkan animasi Rotoscope d dari pekerjaan Muybridge itu. Pada tahun 1986, urutan kuda berderap digunakan dalam latar belakang John Farnham musik video untuk lagu "Pressure Down". Pada tahun 1993, band rock U2 membuat video dari lagu mereka "Lemon" ke dalam penghargaan untuk teknik Muybridge itu. Pada tahun 2004, kelompok musik elektronik The Crystal Method membuat video musik untuk lagu mereka "Born Too Slow" yang didasarkan pada pekerjaan Muybridge, termasuk seorang lelaki berjalan di depan sebuah background grid.
Kingston University di London, Inggris memiliki sebuah bangunan bernama sebagai pengakuan atas karya Muybridge sebagai salah satu fotografer Inggris yang paling berpengaruh.


Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Komentar yang baik akan diterima secara baik juga

 
Design by Aldo Wildan Firdaus | Bloggerized by Aldo Wildan Firdaus - Premium Blogger Themes | Online Project management