Thursday, 20 February 2014

Mengapa Kursor Mouse Miring?

Pernahkah terpikir oleh kita, mengapa desain kursor mouse di komputer dibuat miring? Saking seringnya kita melihat kursor, mungkin pertanyaan itu tak pernah terlintas di benak kita.

Kursor mouse yang kita kenal selama ini umumnya berupa tanda panah tersebut dan ditampilkan miring sekitar 45 derajat ke kiri. Namun tahukan bahwa sebelumnya kursor dibuat tegak? Lalu mengapa dibuat miring?
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita harus kembali ke masa pada awal mula mouse dibuat, di era tampilan komputer masih berupa susunan pixel resolusi rendah.

Menurut penjelasan di situs Stack Exchange, mouse dan kursor pertama kali dibuat oleh Douglas Englebart pada tahun 1968. Awalnya, kursor memang dibuat tegak lurus ke atas. Namun, saat komputer Xerox PARC dibuat sekitar tahun 1970-an, kursor kemudian dibuat miring. Alasannya, dengan layar resolusi rendah di jaman itu, kursor mouse yang tegak lurus susah dicari di layar.

Ars Technica
Pointer mouse semula didesain tegak lurus, sulit dibedakan dengan obyek lain di layar
Dengan pixel resolusi rendah, tampilan kursor sulit dibedakan dengan obyek-obyek lain yang ditampilkan layar komputer. Apalagi saat itu tampilan layar masih monokrom.
Karena itu, dengan membuat kursor yang melintang 45 derajat, akan mempermudah pengguna mencari kursor di layar.

Setelah itu, kursor miring ke kiri temuan Englebart tersebut kemudian diadopsi oleh pembuat-pembuat software komputer hingga kini. Hal tersebut termasuk dilakukan oleh pencipta Apple, Steve Jobs yang meminjam kursor tersebut untuk Mac OS-nya, dan kemudian Bill Gates dengan Windows-nya.

Reaksi:

1 komentar:

Muhammad Saepulloh said...

coooool bermanfaat sekali gan

Post a Comment

Komentar yang baik akan diterima secara baik juga

 
Design by Aldo Wildan Firdaus | Bloggerized by Aldo Wildan Firdaus - Premium Blogger Themes | Online Project management