Friday, 24 February 2012

7 Langkah Membuat Anda Ramah Lingkungan di 2012


Belum buat resolusi tahun ini? Kalau belum, cobalah memasukan resolusi untuk berbuat sesuatu yang ramah lingkungan dalam kehidupan sehar-hari. 

Seperti mengurangi berat badan mungkin, atau lebih hemat atau berjalan kaki minimal satu minggu sekali, atau lainnya. Nah kalau belum buat resolusi tahun ini, masih ada waktulah. Dan berikut ini ada 7 langkah yang bisa dijadikan resolusi mengisi tahun baru yang sehat dan ramah lingkungan. 


1.Kurangi Berkendara

Anda tidak perlu untuk bergabung dengan gym yang mahal, untuk bisa membuat otot Anda sehat atau untuk mengurangi berat badan. Yang Anda lakukan sederhana saja, yaitu kurangi menggunakan kendaraan Anda. Ganti sesekali dengan berjalan kaki amemonopoli energi untuk atau naik sepeda. Cobalah berjalan kaki untuk mencapai tempat kerja Anda yang jaraknya 200- 300 meter. Atau atur waktu di pagi atau sore di akhir pekan untuk jalan kaki atau bersepeda. Dengan berjalan kaki atau naik sepeda, meski sedikit mengurangi jejak karbon, tapi bermanfaat bagi Anda dan lingkungan.


2. Dukung dan Ambil Bagian Mengkonsumsi Hasil Pertanian Organik

Caranya mudah! Pak makanan Anda dengan makanan sehat, seperti brokoli, apel, dan buncis Perancis. Dengan melakukan itu maka Anda sudah terlibat mendukung program pertanian organik. Meski belum banyak cari tahu info tempat-tempat yang menjual sayuran organi. Salah satunya Sarongge Organic Farm yang dilakukan Green Radio Jakarta. Jika Anda memilih untuk mengkonsumsi hasil pertanian organik bukan hanya sehat yang didapat tetapi membantu usaha para petani. 


3.Makan Makanan Vegetarian 

Jika tahun lalu masih suka mengkonsumi daging-dagingan, mulailah mengubahnya tahun ini. Misalnya mengganti daging dengan sayuran, kacang, atau kedelai yang jelas-jelas bisa memangkas gumpalan kalori di pinggang Anda. Tidak ada salahnya juga mencoba jenis makanan yang terbuat dari kacang atau bahan sehat lainnya yang dibentuk seperti daging yang Anda suka. 


4.Jangan Minum Kalori

Semua sayuran tidak akan membuat berat badan Anda bertambah besar jika dikonsumsi dengan benar,. Tetapi jika Anda minum ratusan kalori ekstra setiap hari lewat minuman soda, manisan jus atau kopi yang berlebihan, maka itu tidak menyehatkan tubuh dan lingkungan. Karena, misalnya saja sebotol soda prosesnya panjang yang menyisahkan jejak karbon yang panjang pula. Dan minuman jus manis atau soda jika berlebihan merusak organ tubuh. Lebih baik perbanyak minum air putih dengan botol yang bisa diisi ulang. Sehat sudah pasti! 


5.Jadi Relawan 

Mendaftar diri menjadi relawan sebuah organisasi sosial terlebih lingkungan adalah langkah baik untuk mencari kegiatan di luar ruangan. Seperti aksi menanam pohon, membersihkan sampah dan kegiatan lainnya bisa menambah dan bertemu relasi atau pertemanan Anda sehingga dapat meningkatkan gairah hidup yang sehat dan lebih baik. 


6. Rencanakan Tanam Pot Tanaman

Kenapa? Karena dengan melakukan kegiatan kecil di rumah seperti menanam tanaman di pot, Anda mendapat manfaat beragam. Yaitu semakin banyak udara bersih, mengurangi hawa panas, mengundang kesejukan, menyehatkan itu sudah pasti dan hasil tanaman bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sendiri. Misalnya jika Anda memiliki pekarangan kecil ditanami cabai, tomat atau lainnya. 


7.Sering Olahraga di Luar Ruangan

Ini langkah terakhir yang bisa mengisi resolusi Anda tahun ini. Lakukan olahraga, apakah itu yoga atau jalan kaki atau lari atau senam. Tidak bergantung pada treadmills atau alat bantu lainnya yang justru menambah beban listrik Anda. Dengan menghabiskan waktu lebih lama di luar ruangan dengan aneka kegiatakan olahraga akan memberikan Anda jauh lebih banyak motivasi untuk lebih memperhatikan perubahan lingkungan sekitar. Terlebih Anda akan mendapatkan kesegaran alami dan energi positif jika cuaca juga mendukung tentunya.
Reaksi:

2 komentar:

ivyannoproject said...

Emang penting banget bos ramah lingkungan di lingkungan paling terdekat dengan kita.. Ya seperti rumah misalnya.. :) nice info!

Aldo Wildan Firdaus said...

iya gonk gan.. kita harus memulainya dari diri kita sendiri dulu.. jika kita aja gk ramah lingkungan, apa lagi orang lain..

Post a Comment

Komentar yang baik akan diterima secara baik juga

 
Design by Aldo Wildan Firdaus | Bloggerized by Aldo Wildan Firdaus - Premium Blogger Themes | Online Project management