Friday, 30 December 2011

Sony Mengembangkan Baterai Ramah Lingkungan Dari Limbah Kertas

Jika Anda berpikir walkman adalah inovasi terbesar Sony, pikirkan lagi. Raksasa elektronik multinasional Jepang telah menaikkan inovasi nya sekali lagi dan kali ini telah membawa kita ide penghematan besar planet. Sony telah mengembangkan jenis baru baterai yang dapat dijalankan menggunakan kertas. Kertas yang kita semua pikir itu hanya akan digunakan untuk membungkus makanan, karena semua dokumen kita telah menggunakan teks dan email di milenium baru ini

Insinyur dari perusahaan teknologi di debutnya pekan lalu di pameran Eco-Products 2011 di Tokyo di mana mereka memamerkan bio-baterai yang menggunakan kertas untuk menghasilkan energi. Dalam demo, insinyur Sony menggunakan beberapa pulp kertas (sesuatu seperti apa yang kita semua gunakan untuk membuat bubur-mache di kelas seni) dan memasukkannya ke dalam campuran air. Bio-reaksi yang dihasikan cukup untuk menyalakan sebuah kipas kecil .

Dibuat oleh para peneliti di Sony, baterai bio-menghasilkan listrik dengan menggunakan enzim khusus yang disebut selulosa untuk mengubah kertas menjadi glukosa dalam proses seperti sistem pencernaan dari rayap yang makan kayu. Para peneliti mengatakan selulosa yang hanya akan berfungsi sebagai katalis sehingga dapat digunakan beberapa kali membuat baterai dapat didaur ulang dan berkelanjutan.

Saat ini, baterai bio-hanya cukup kuat untuk menjalankan sebuah kipas kecil. Peneliti Sony mengklaim bahwa limbah kertas yang digunakan membuat bio-baterai dapat menghasilkan listrik hingga 18wh yang akan cukup untuk pemutar musik digital yang paling yang ada pasar saat ini.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Komentar yang baik akan diterima secara baik juga

 
Design by Aldo Wildan Firdaus | Bloggerized by Aldo Wildan Firdaus - Premium Blogger Themes | Online Project management