Thursday 12 January 2012

Cek Status Baterai Laptop Lewat Terminal Linux Dengan acpi


ubuntu logo Cek Status Baterai Laptop Lewat Terminal Linux Dengan acpiLagi-lagi linux dan lagi-lagi terminal/shell, mudah-mudahan tidak membosankan baca tulisan saya yang sifatnya kurang kerjaan ini, beberapa hari yang lalu saya memiliki pengalaman yang kurang menyenangkan. Entah apa yang saya lakukan ternyata membuat linux saya, dalam hal ini Ubuntu tidak dapat masuk mode grafis, sialnya lagi saya menggunakan laptop. Ditambah tidak ada tempat untuk melakukan proses charge, belum lagi kerjaan harus cepat selesai. Bingung kan bagaimana cara melihat status baterai laptop kita, jangan-jangan sudah hampir habis.
Tetapi Anda jangan khawatir, linux masih mempunyai cara untuk mengecek status baterai lewat terminalnya, salah satunya dengan menggunakan perintahacpi. Berikut caranya :
Lakukan instalasi terlebih dahulu paket program acpi dengan mengetik perintah :
$ sudo apt-get install acpi
Untuk mengecek status baterai, jalankan perintah
$ acpi
Kira-kira hasilnya seperti ini :
Battery 1: discharging, 90%, 02:00:09 remaining
Untuk mengecek temperatur baterai Anda dalam Celcius, ketik perintah :
$ acpi -t
Jika dalam Fahrenheit:
$ acpi -t -f
Jika mengecek semua statusnya:
$ acpi -V
Mudah-mudahan bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Komentar yang baik akan diterima secara baik juga

 
Design by Aldo Wildan Firdaus | Bloggerized by Aldo Wildan Firdaus - Premium Blogger Themes | Online Project management