Tuesday, 31 January 2012

Cara Tumbuhnya Kuku


Kuku jari tangan dan kai kita terbuat dari protein yang disebut keratin, yang juga merupakan balok pembangun rambut kita selain untuk kuku. Keratin, seperti yang dapat kita ketahui dengan mengetukkan jari ke meja,sangat kuat. Bahkan kata “keratin” berasal dari bahasa Yunani yang artinya “tanduk”
Manusia dan primata besar lainnya berevolusi dari primata yang lebih kecil yang menggunakan kuku mirip cakar untuk memanjat pohon. Kuku kita adalah sisa dari kuku itu
Bagian dari kuku yang kita warnai disebut badan kuku. Mirip tameng dari baju zirah, ini melindungi palung kuku di bawahnya. Badan kuku bukan jaringan hidup seperti kulit kita. Tidak ada darah yang mengalir ke badan kuku, jadi tidak “diberi makan” oleh nutrisi seperti kulit dan organ tubuh lainnya.
Bagaimana cara kuku tumbuh? Perhatikan ibu jarimu. Lihat bentuk bulan sabit terbalik di dasarnya? Itu bukan cuma pola menarik  di ibu jarimu. Apa yang kamu lihat adalah lunula, sekelompok sel yang membentuk keratin. Lunula adalah pabrik badan kuku. Kuku baru dibuat dan ditambahkan ke badan kuku lama. Ini mendorong seluruh kuku ke atas dan ke arah luar. Begitulah caranya kuku tumbuh, walaupun itu “mati”
Penutup kulit halus di atas bulan sabit itu disebut kutikula. Kutikula mencegah bakteri masuk, dan membantali sari  pukulan dan benturan.
Membaca telapak tangan hanya untuk  bersenang-senang. Tetapi membaca kuku dapat benar-benar memberi tahu sesuatu tentang kesehatanmu. Jika dokter melihat kukumu biru si dasarnya, ia mungkin mencurigai adanya masalah aliran darah ke jari-jarimu. Jika kuku menekuk tajam di sekeliling jari, itu bisa berarti penyakit jantung, paru-paru, atau hati. Jika kuku kelihatan cekung, itu bisa berarti kamu terkena anemia. Salah satu penyebab anemia adalah kekurangan zat besi.
Kuku, dan rambut, tumbuh, tumbuh lebih lambat dengna bertambahnya usia kita . Namun beberapa penyakit atau kekurangan makan, juga dapat memperlambat pertumbuhan kuku.
kuku (dan rambut tumbuh lebih lambat saat kita bertambah usia
Dibutuhkan sekitar 3 bulan untuk kuku jari rata-rata orang dewasa untuk tumbuh satu cm. Sementara itu, rambut dapat tumbuh 4 cm atau lebih dalam waktu yang sama.
Jika kamu bertangan kanan, kuku di tangan itu akan tumbuh sedikit lebih cepat daripada kuku di tangan kiri. Jika kamu bertangan kidal sebaliknya. Mungkin alasannya adalah lebih banyaknya pasokan darah ke tangan yang lebih aktif. Bagaimanapun juga, tampaknya semakin kamu menggunakna kukumu, semakin itu terdorong untuk tumbuh


sumber
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Komentar yang baik akan diterima secara baik juga

 
Design by Aldo Wildan Firdaus | Bloggerized by Aldo Wildan Firdaus - Premium Blogger Themes | Online Project management