Monday, 19 September 2011

Berita Bohong Mars

pakah Anda pernah menerima email/kabar seperti berikut ini?


Two moons on 27 August, 2007
27th Aug the Whole World is waiting for……… ….
Planet Mars will be the brightest in the night sky starting August.
It will look as large as the full moon to the naked eye. This will cultivate on Aug. 27, 2007, when Mars comes within 34.65M miles of earth. Be sure to watch the sky on Aug. 27, 2007 at 12:30 am. It will look like the earth has 2 moons. The next time Mars may come this close is in 2287.
Share this with your friends as NO ONE ALIVE TODAY will ever see it again.
//
Dua buah bulan pada 27 Agustus 2007. Planet Mars akan menjadi objek yang paling terang di langit mulai bulan Agustus. Planet ini jika dilihat dengan mata telanjang akan terlihat sebesar Bulan Purnama. … .
Hal ini akan menyebabkan Bumi seperti memiliki dua buah bulan. Waktu berikutnya untuk untuk peristiwa ini terjadi lagi adalah tahun 2287. Sebarkan pada teman-teman karena TIDAK ADA YANG DAPAT MELIHATNYA SEBANYAK DUA KALI DALAM HIDUPNYA.
//
Sebenarnya ini adalah berita bohong, mengapa?Saya beritahukan di sini bahwa sebenarnya dengan teleskop terbesar/terkuat yang pernah dibuat pun, Mars tidak akan terlihat sebesar bulan purnama yang dilihat dengan mata telanjang. Apalagi kalau melihat Mars tanpa alat bantu optik seperti teleskop (hanya dengan mata telanjang). Berikut ini penjelasan fisikanya.
Mari kita hitung seberapa besar diameter sudut dari Mars, serta Bulan dan Matahari sebagai perbandingan. Mars memiliki diameter 6794 km. Jarak terdekat Mars dari Bumi adalah 55.76 juta km, yang terjadi pada tanggal 27 Agustus 2003 yang lalu. Dan jarak terdekat ini tidak akan terjadi lagi hingga tahun 2287 (coba lihat halaman ini). Pada jarak terdekatnya itu, jika Mars diamati dengan mata telanjang maka hanya akan tampak sebagai sebuah bintang, berupa titik yang sangat terang. Diameter sudutnya hanya 25,11″. Setelah tahun 2003 yang lalu, jarak Mars dari Bumi akan terus membesar, karena sifat orbit yang dimiliki kedua planet ini. Untuk tahun 2007 ini, tentu saja jaraknya lebih jauh dari tahun 2003 lalu (lihat halaman ini).
Sekarang kita hitung diameter sudut Bulan. Diameternya adalah 3476 km, jaraknya dari Bumi adalah 384403 km. Kombinasi jarak dan diameter Bulan ini memberikan penampakan diameter sudut Bulan sebesar sekitar 31 menit busur (1 menit busur = 60 detik busur). Lihat perbandingan gambar Bulan dan Mars yang saya kutip dari mutoha.
Bagaimana dengan Matahari, yang memiliki diameter 0.696 juta km dan jarak rata-rata dari Bumi 150 juta km? Dari Bumi, diameter sudut matahari adalah sebesar hampir 32 menit busur (berbeda sedikit dengan Bulan). Karena besarnya hampir sama, pada suatu saat Bulan dapat saja menutupi Matahari, yang disebut dengan peristiwa Gerhana Matahari Total. Diameter sudut yang hampir sama dengan Bulan ini diperoleh dari diameter yang jauh lebih besar dari Bulan dan jarak yang jauh lebih besar daripada jarak Bumi – Bulan.
Untuk mendapatkan ukuran sebesar Bulan purnama dari Bumi, Mars harus diperbesar hingga berdiameter 486000 km dengan jarak yang tetap. Diameter ini adalah sekitar 70 kali diameter sebenarnya. Cara lain yang bisa dilakukan untuk membuat Mars terlihat sebesar Bulan purnama adalah dengan memindahkannya pada jarak 778535 km dengan diameter yang tetap. Jarak ini adalah dua kali jarak Bumi ke Bulan.
Jadi sekali lagi saya simpulkan, berita ini BOHONG, karena ada kesalahan di dalamnya. Orang yang menyebarkannya adalah orang yang tidak bertanggung jawab. Sebenarnya berita ini pernah keluar pada tahun 2003 lalu, dalam rangka kejadian langka tersebut. Tetapi kemudian setiap 2 tahun sekali setelah itu, berita ini keluar terus. Dan masyarakat masih saja menanggapinya dengan terus menyebarkannya ke orang-orang.
Jadi kalau Anda dan teman-teman Anda pernah menerima kabar seperi ini, sebaiknya Anda sebarkan tulisan ini ke teman-teman Anda.
Demi astronomi Indonesia yang lebih baik.
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Komentar yang baik akan diterima secara baik juga

 
Design by Aldo Wildan Firdaus | Bloggerized by Aldo Wildan Firdaus - Premium Blogger Themes | Online Project management