Saturday, 24 September 2011

ASAL USUL HURUF KOREA (HANGEOL/HANKUL/HANGUL)


 

Sebelum Hangeol dirancang, bahasa Korea tidak mempunyai huruf. Selama lebih dari 1000 tahun, orang-orang Korea yang terpelajar menuliskan bahasa mereka menggunakan huruf Cina. Akan tetapi, seraya tahun-tahun berlalu dilakukan berbagai upaya untuk menghasilkan sistem tulisan yang baik. Tetapi karena semuanya didasarkan pada huruf Cina, hanya orang yang berpendidikan yang menggunakannya.

Pada abad ke 15 M, Raja Sejong dari Dinasti Yi mulai memikirkan rakyatnya yang frustasi karena tidak bisa membaca dan menulis. Kebanyakan rakyatnya tidak bisa mengajukan permohonan kepada yang berwenang sewaktu ada keluhan, kecuali secara lisan. Problem ini membingungkan Raja Sejong, yang terkenal selalu mendengarkan perintah rakyat jelata.

Oleh karena itu Raja Sejong menjadi ujung tombak terciptanya sebuah alfabeth yang cocok dengan pengucapan bahasa Korea sekaligus mudah dipelajari dan digunakan. Proyek ini rampung pada tahun 1446. Raja Sejong berkata “bahwa karena berasal usul asing, huruf Cina tidak mampu untuk menangkap makna bahasa Korea yang unik. Oleh karena itu banyak orang awam yang tidak dapat menyatakan pikiran dan perasaan mereka. Digerakkan oleh kesulitan mereka, saya telah menciptakan 28 huruf. Huruf-huruf itu sangat mudah untuk dipelajari, dan saya sangat berharap agar huruf-huruf ini akan meningkatkan mutu kehidupan setiap rakyat.”


Sayangnya, beberapa cendikiawan menentang Hangeol, tepatnya karena alfabeth itu sangat mudah untuk dipelajari. Dengan nada mengejek mereka menyebutnya Amkul artinya “huruf para wanita”. Mereka memandang hina suatu sistem yang dapat dipelajari wanita, yang pada masa itu tidak diajar membaca di sekolah.


Prasangka ini tetap ada dikalangan atas Korea selama beberapa waktu. Sesungguhnya, sudah lebih dari 400 tahun berlalu sebelum akhirnya pemerintahan Korea menyatakan bahwa Hangeol dapat digunakan dalam dokumen resmi.

Saat ini 24 huruf dari 28 huruf Hangeol dari masa Raja Sejong masih tetap digunakan. Huruf-huruf itu dibagi menjadi 14 konsonan  dan 10 vokal. Apa anda tertarik mencoba belajar menulis huruf Korea ?

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Komentar yang baik akan diterima secara baik juga

 
Design by Aldo Wildan Firdaus | Bloggerized by Aldo Wildan Firdaus - Premium Blogger Themes | Online Project management