Monday, 22 August 2011

Kegiatan Ramadhan Di kota Ku

Di Lingkungan saya banyak sekali kegiatan seperti, Sholat Tarawih, Membangunkan sahur , buka puasa dan lain - lain.


Tarawih

Salat Tarawih adalah salat sunnat yang dilakukan khusus hanya pada bulan ramadan. Fakta menarik tentang salat ini ialah bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam hanya pernah melakukannya secara berjama'ah dalam 3 kali kesempatan. Disebutkan bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam kemudian tidak melanjutkan pada malam-malam berikutnya karena takut hal itu akan menjadi diwajibkan kepada ummat muslim.




Festival Tanglong dan Bagarakan



KIAN tahun makin meriah. Tak bisa dipungkiri, kemeriahan kembali tergelar di Banjarbaru, tadi malam. Bukan hanya di Lapangan Murdjani yang menjadi pusat kegiatan, keceriaan warga tercipta di hampir seluruh jalan di kota Idaman tersebut.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, kemeriahan itu berkat gelaran islami Festival Tanglong dan Bagarakan Sahur yang digelar Pemko Banjarbaru. 
Suasana kemeriahan kian bertambah tatkala diadakan pesta kembang api sebelum dan sesudah acara. Langit Lapangan Murdjani pun menjadi terang benderang.



Begitu kembang api api pertama diluncurkan Wakil Gubernur H Rudy Resnawan dan Wali Kota Banjarbaru, H Ruzaidin Noor, sorak sorai dan tepuk tangan langsung bergema.
     
Di sisi lain, kemeriahan tersebut menjadi pemandangan yang menarik bagi sebagian warga. Mereka langsung mengabadikan festival tahunan itu menggunakan kamera atau handphone.


Pasar Wadai
Jalan Taman Gembira Selatan, Banjarbaru, ramai oleh aktivitas pedagang yang  mempersiapkan jualannya. Berbeda dari hari biasa, karena hal itu dilakukan menjelang berlangsungnya Pasar Wadai Ramadan 1432 Hijriah yang hari ini, Senin dibuka Wali Kota Banjarbaru, H Ruzaidin Noor.
    
Kabid Kebudayaan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Banjarbaru, Adrianor Rivai, mengatakan pedagang yang memesan stan di Pasar Wadai Ramadan melebihi target. Sebanyak 87 jatah tempat dagangan pun habis dipesan oleh pedagang. Bahkan, melebihi target yang disiapkan panitia. 
    
Hingga kemarin, ada sebanyak 90 pedagang baik wadai, sayursayuran maupun ikan masak dan juga bakar-bakaran telah memesan tempat di lokasi Pasar Wadai Ramadan yang kali ini pelaksanaanya didukung penuh oleh Banjarmasin Post Group.
    
Kegiatan Pasar Wadai Ramadan, menjadi bagian dari kebudayaan yang juga harus dilestarikan. Banyak dari pedagangnya yang juga menjual aneka kue tradisional khas Banjar di tempat ini.

Reaksi:

1 komentar:

Muhammad Arsyad said...

Gaya tulisanmu bagus Aldo ! terus kembangkan, tentu potensial menjadi penulis naskah (essay, ilmiah populer, buku) tanpa tertutup kemungkinan narator, reporter, dan sejenisnya yang merupakan pintu seorang sukses sebagai tokoh / publik figure. OK, aku dukung untuk kamu !

Post a Comment

Komentar yang baik akan diterima secara baik juga

 
Design by Aldo Wildan Firdaus | Bloggerized by Aldo Wildan Firdaus - Premium Blogger Themes | Online Project management