Tuesday, 18 October 2011

Prosesor Intel Atom bukan hanya untuk Netbook Saja


hp-lx-195-media-server_270x211


Chip Prosesor Intel Andalan Netbook kini dapat dijumpai dimana-mana dalam bentuk komputer desktop, begitulah dengan apa yang kini dikabarkan oleh Hewlett-Packard dan Acer.
Pada hari Rabu yang lalu, rincian yang muncul dari HP MediaSmart Server LX195, sebuah paket server rumahan dengan prosesor Intel atom 1,6 GHz diberi harga 400 USD atau sekitar 4 juta rupiah berikut dengan memori 1Gb dan hardisk sebesar 640GB. sampai saat ini, HP telah menggunakan Intel Celeron dan Advance Micro Devices ‘prosesor Sempron.
Pada awal bulan ini saja, Acer telah mengeluarkan produknya yaitu Acer aspireRevo, bentuknya kecil, chasing mulus yang prosesor Intel atom dengan chipset nVidia Ion untuk meningkatkan kinerja grafisnya. hal ini diharapkan dapat lebih baik lagi dengan kisaran harga yang dibawah 300 USD atau sekitar 3 juta rupiah untuk beberapa modelnya.
Asus merupakan salah satu pelopor yang menggunakan Head Swaealing prosesor atom pada komputer desktop dengan chasing Eee, yang mana telah ditingkatkan dengan penggunaan grafis ATI.
Dengan  desainnya, penggunaan prosesor intel atom itu sendiri tentunya dimaksudkan bisa lebih menghemat penggunaan catu daya dan sebagai hasilnya, ini memang lebih lambat dibanding kecepatan arsitektur chip prosesor Intel core 2 Duo. Vendor HP, sebagai contohnya, memasarkan server mediaSmart-nya sebagai suatu hub storage, yang mana biasanya tidak memerlukan banyak kekuatan pemrosesannya. Dan prosesor Intel Atom sendiri adalah murah harganya, yakni Intel Atom 230 hanya dibandrol dengan harga 29 USD saja atau sekitar 300 ribu rupiah, dibandingkan dengan chip prosesor Celeron yang diberi harga sekitar 34 USD atau sekitar 340 ribu rupiah dan jauh lebih boros catu dayanya. Prosesor Utama Intel Core 2 Duo untuk desktop ini akan beri harga mulai dari kisaran 110 USD atau kira-kira 1,1 juta rupiah.
Intel telah lama mempertahankan prosesor Atom-nya pada rancangan komputer Nettop, dan pada tahun lalu saja, telah memasarkan produknya Intel dual Core Atom 330 dipasaran.
Strategi tersebut telah diterapkan di Taipei dalam minggu ini, dimana Produsen motherboard Asrock telah memperlihatkan komputer desktop dengan prosesor Intel Atom 330 dual core dan chipset ion Nvidia. Asus juga diharapkan untuk memperbaharui chasing Eee dengan prosesor Intel Atom Dual core-nya.
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Komentar yang baik akan diterima secara baik juga

 
Design by Aldo Wildan Firdaus | Bloggerized by Aldo Wildan Firdaus - Premium Blogger Themes | Online Project management